Rabu, 28 September 2011

kata mutiara 3


Barang siapa yang tidak betah bersama Allah di tengah-tengah manusia dan betah  dengan-Nya ketika sendirian, maka ia adalah seorang jujur yang lemah.
Barang siapa yang betah bersama Allah di tengah-tengah manusia dan tidak betah dengan-Nya ketika sendirian, maka ia adalah orang yang sakit.
Barang siapa yang tidak betah bersama Allah de tengah-tengah manusia  dan tidak betah dengan-Nya ketika sendirian, maka ia adalah bangkai yang perlu disingkirkan.
Barang siapa yang betah bersama Allah di tengah-tengah manusia dan betah bersama-Nya ketika sendirian, maka ia adalah seorang jujur yang kuat.

Membuang waktu lebih berbahaya daripada kematian, karena membuang waktu akan memutuskan hubungan dengan Allah dan negeri akhirat. Sedang kematian memutuskanmu dengan dunia dan penghuninya.

Keuntungan terbesar dalam dunia adalah engkau menyibukan diri setiap saat dengan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat untuk akhiratmu. Dan, tidak disebut berakal orang yang menjual surga bersama seluruh isinya dengan hawa nafsu sesaat.

Barang siapa yang mengenal dirinya, maka ia akan sibuk memperbaikinya dengan tidak memperdiulikan cacat dan aib orang lain. Dan, barang siapa yang mengenak Rabbnyamaka ia akan sibuk beribadah dangan meninggalkan ajakan hawa nafsunya.

Amal yang paling bermanfaat adalah amal yang engkau lakukan dengan ikhlas yang engkau menyembunyikan dari orang lain  dan dari dirimu sendiri dengan memandang bahwa hal itu adalah karunia Allah.

                 Lima macam meninggalkan Al Qur’an 
1)      Tidak mau mendengar dan mengimaninya.
2)      Tidak mengamalkannya dan tidak mematihi apa yang dihalalkan dan diharamkan,padahal ia membaca dan mengimaninya.
3)      Menokal menjadikannya sebagai hukum dan undang-undang serta pemutus segala perkara danberanggapan bahwaAl Qur’an tidak melahirkan ilmu.
4)      Enggan untuk mentadaburi dan memahaminya dan enggan untuk mengenali maksudnya.
5)      Tidak mau menjadikannya sebagai obat penawar penyakit hati.

Tidak ada komentar: